Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Bandung Jawa Barat yang lagi Hits dan Populer

Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Bandung Jawa Barat yang lagi Hits dan Populer sangat banyak, apalagi Bandung terkenal dengan banyaknya objek wisata pemandian air panas, kalau anda sedang liburan ke daerah Bandung, alangkah ruginya anda kalau tidak mencoba salah satu objek wisata pemandian air panas yang terbaik di Bandung ini. Sudah tidak asing lagi, kalau kita mandi dipemandian air panas alami ini banyak manfaat nya untuk kesehatan, seperti menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, relaksasi, dan masih banyak lagi manfaat mandi di air panas belerang ini. 

Namun ada juga dampak negatif dari terlalu lama berendam di air panas ini, seperti mengganggu kesuburan terhadap pria, karena dapat menurunkan produksi sperma, membuat pori-pori kulit membesar sehingga mudah masuk angin, batuk dan flu,  dan bagi ibu hamil sangat tidak di saran kan berendam di pemandian air belerang ini karena dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Selain pemandian air panas Bandung juga terkenal dengan Tempat wisata di Lembang untuk anak-anak yang lagi Hits yang patut dikunjungi juga. Terdapat banyak tempat wisata yang ada di daerah Bandung ini mulai dari Wisata Alam nya yang asri dan alami, Wisata kuliner nya yang beragam, apalagi Wisata religi nya untuk ketentraman jiwa kita, dilanjutkan lagi dengan wisata edukasi yang sangat populer di Bandung Jawa Barat ini.

Melalui artikel ini Liburankita.com akan memberikan informasi atau Rekomendasi Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Bandung yang lagi hits dan banyak di kunjungi para wisatawan baik itu Lokal maupun dari wisatawan Mancanegara.

1. Pemandian Air Panas Ciater 

Pemandian Air Panas Ciater yang juga di kenal dengan pemandian air panas Sari Ater, adalah pemandian yang sangat populer di Bandung, tempat wisata ini sekarang di kelola oleh Sari Ater Hotel dan Resort yang mempunyai luas sekitar 30 hektar. Sebenarnya pemandian air panas ini termasuk dalam kawasan atau daerah Kabupaten Subang, tapi karena letak pemandian ini dekat perbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat, makanya objek wisata ini terkenal dengan pemandian Air Panas Bandung.

Pemandian Air Panas Ciater
Sebagai destinasi wisata yang populer tempat ini memiliki fasilitas yang lengkap yang membuat liburan Anda semakin mengesankan dan menyenangkan. Anda dapat menikmati kolam pemandian air panas, outbound, Hotel dan restoran, trekking, wahana air seperti Water Park, dan lain-lain. selain itu anda juga harus mencoba berbagai fasilitas yang ada seperti  Bungalow, Outbound, Terapi Pijat, Restoran, Arung Jeram, Playground, Pemancingan, Track Sepeda, Berkuda, Lapangan Tenis, Bola Volley, Basket, Golf, Sewa Perahu. Selain itu ada fasilitas umum lain nya seperti Kamar Mandi, Toilet, Musalla,  area kuliner dan area pertokoan souvenir. selain itu ada Gazebo atau tenda yang dapat disewa disana.

Di dalam Taman rekreasi Pemandian air panas Sari Ater ini terdapat beberapa spot spot yang bisa sangat instagramable baget seperti Pancuran Tujuh, Curug Jodo, Jeef Offroad dan lain-lain.

Sebelum anda sampai ke kawasan pemandian air panas ini, mata anda akan dihadapkan dengan pemandangan yang indah yaitu hamparan kebun teh yang luas, sehingga anda bisa berhenti sejenak untuk menikamati indah nya pemandangan kebun teh ini. banyak orang yang berhenti di dekat kebun teh ini hanya untuk berswafoto, baik itu foto selfie atau pun poto keluarga, karena latar nya sangat Instagramable sekali.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciater

  • Taman Rekreasi Pemandian Air Panas Sari Ater Weekday & Weekend Rp 35.000
  • Kolam Kiara/Mayangsari Rp 50.000
  • Kolam Nangka/Kolam Kunang-Kunang Rp75.000
  • Waterpark Rp 40.000
  • Parkir motor : Rp.20.000, mobil – Rp.30.000, bus – Rp.50.000
Lokasi Pemandian Air Panas Ciater ( Sari Ater ) : Jalan Raya Ciater, Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

2. Pemandian Air Panas Maribaya

Ceritanya pada suatu ketika ada seorang wanita cantik bernama Maribaya. Ayahnya Raksa Dinata membangun kolam pemandian air panas yang mengandung belerang untuk menyelamatkan Maribaya dari para pemuda yang ingin memperebutkan Maribaya. Raksa Dinata aktif mengelola tempat ini sejak tahun 1835. Akhirnya ia meninggal dunia, dan mewariskan kolam pemandian air panas ini kepada anaknya Maribaya .

Pemandian Air Panas Maribaya
Banyak yang percaya bahwa kolam air panas Maribaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, kalau anda penasaran silahkan langsung datang ke Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Selain kolam pemandian air panas, Anda juga dapat menikmati fasilitas lain yang ada di kawasan Maribaya ini seperti kolam pemancingan, Restoran, tempat kuliner, Konon, dulu ada seorang perempuan cantik bernama Maribaya. Sang ayah, Raksa Dinata, membuat sumber air panas dengan kandungan belerang untuk melindungi Maribaya dari para pemuda yang memperebutkan anaknya. Sejak 1835, Raksa Dinata aktif mengelola tempat ini. Hingga akhirnya, beliau meninggal dan mewariskan pemandian air panas tersebut kepada Maribaya. 
Pemandian Air Panas Maribaya terkenal dengan nama Curug Maribaya, karena disana terdapat 3 curug yang terkenal yaitu Curug Cikoleang, Curug Cikawari dan Curug Cigulung yang berasal dari aliran sungai Cigulung dan Cikawari

Tempat Wisata Pemandian Air panas ini kerap di kenal orang dengan Maribaya Natural Hot Spring yang terkenal dengan berbagai tipe kolam ari panas nya, mulai dari kolam biasa sampai dengan kolam VVIP yang pasti nya setiap kolam akan berbeda-beda harga nya.

Banyak orang percaya bahwa sumber air panas di Maribaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Daripada penasaran, kamu bisa langsung datang ke Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Tidak hanya kolam pemandian air panas, di sini kamu juga bisa menikmati fasilitas lain seperti kolam Pemancingan Telaga Giri, glamping tent, area kulineran, trekking, restoran, penginapan dan masih banyak lagi.

Sebelum anda datang ke kawasan pemandian air panas ini, anda akan menjumpai Taman Hutan Raya Djuanda yang terkenal dengan deretan pepohonan pinus yang alami, rindang, adem dan asri. jadi anda bisa menikmati keindahan taman ini, dan pastinya tempat ini sangat instagramable sekali. 

Harga tiket Masuk Pemandian Air Panas Maribaya :

- Tiket masuk Curug Maribaya : Rp35.000-Rp90.000 (Buka: 09.00 - 18.00)
- Tiket Maribaya Natural Hot Spring : Rp 75.000 - Rp 150.00 (harga tergantung jenis kolam )

Lokasi Pemandian Air Panas Maribaya : Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas,, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

3. Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort

Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort ini juga mempunyai tempat pemandian air panas yang juga sangat populer di Bandung. Anda tidak hanya dapat menikmati pemandian air panas tetapi juga berbagai fasilitas seperti taman air atau Water Park dan resort. Tentu saja ada taman bermain dan suaka burung terutama untuk anak-anak.

Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort
Dan area pemandian air panas Ciwidey Valley ini dikelilingi oleh pepohonan yang indah, jadi Anda bisa berenang dan berendam sepuasnya seperti yang Anda inginkan, sambil menikmati keindahan alam yang ada di sekeliling kawasan wisata ini.

Jadi Ciwidey Valley ini termasuk tempat wisata yang mepunyai paket lengkap, selain anda bisa berendam di dalam air panas, anda juga bisa bermain di wahana air water park bersama anak-anak anda, keluarga maupun dengan sahabat-sahabat Anda.

Diantara fasilitas yang ada di Ciwidey Valley Hot spring ini adalah Water park untuk anak-anak dan dewasa, restoran, Penginapan, area camping, funcion hall,Musholla, toilet, kamar mandi, area parkir, dan masih banyak lagi. 

Harga Tiket Masuk Ciwidey Valley Hot spring Waterpark Resort :

Tiket masuk resort Rp10.000/orang 
Tiket masuk arena water park Rp40.000/orang

Lokasi Ciwidey Valley Hot spring Waterpark Resort : Jalan Barutunggul KM. 17, Ciwidey,  Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

4. Sabda Alam Water Park

Sabda Alam Water Park adalah kolam pemandian air panas yang memberi Anda suasana unik,  tempat ini dirancang dengan konsep resort, selain Ciwidey Valley, Sabda Alam ini juga mempunyai wahana Water Park yang tidak kalah bagus nya dengan water Park yang ada di Ciwidey Valley.

Sabda Alam Water Park
Jadi jika Anda pergi ke sini bersama keluarga ke tempat wisata air panas alami ini, maka  sangat cocok bagi anda untuk dijadikan tujuan wisata demi menghabiskan masa liburan anda dan melepas kejenuhan dari hiruk pikuk nya kota.

Dengan konsep waterpark tentunya anak-anak akan menyukainya. Tidak seperti taman air lainnya kawasan wisata dan kolam ini secara alami diisi dengan air panas belerang yang tidak akan membuat Anda sekeluarga merasa kedinginan.

Keberadaan waterpark ini membuat kegiatan berenang di waterpark Sabda Alam semakin menarik. Anda dapat mencoba berbagai macam wahana atau permainan seperti kolam busa, kolam ombak, terapi ikan, slider boom dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Sabda Alam Water Park :

  • Tiket Masuk Taman Air Senin - Jumat : Rp 45.000
  • Tiket Masuk Taman Air Sabtu - Minggu, Libur Nasional : Rp 60.000
  • Tiket Masuk Kolam Hotel Senin - Jumat : Rp 30.000
  • Tiket Masuk Kolam Hotel Sabtu - Minggu, Libur Nasional : Rp 40.000
Lokasi Sabda Alam Water Park : Rancabango, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

5. Pemandian Air Panas Cipanas Nagrak Parongpong

Cipanas Nagrak Parongpong merupakan objek wisata alam yang alami, namun masih belum diketahui oleh kebanyakan orang. Di pemandian air panas ini Anda bisa menikmati wisata pemandian air panas yang mengalir dari Gunung Tangkuban Perahu ke pemandian air panas alami ini. Untungnya kolam ini juga aman untuk anak-anak karena kedalaman kolamnya tidak terlalu dalam.

Pemandian Air Panas Cipanas Nagrak Parongpong
Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong memang tidak sepopuler pemandian  air panas lainnya yang ada di Bandung. Sehingga sangat cocok bagi anda  yang ingin berenang dan berendam di lingkungan yang suasananya tenang. Di sisi lain Pemandian Air Panas Bandung ini memiliki keunikan tersendiri karena adanya air terjun/curug mini yang biasa disebut Curug Cipanas Nagrak sangat indah dan unik.

Di area tempat pemandian ini juga banyak terdapat gubuk dan tikar tempat pengunjung bisa bersantai dan menunggu anggota keluarga mereka bermain air ataupun berendam, Tempat wisata ini adalah pemandian air panas outdoor atau alam terbuka dengan biaya masuk yang terjangkau. Anda bisa menikmati pemandian air panas dengan biaya murah.

Pemandian Air Panas Cipanas Nagrak Parongpong ini terletak di tengah-tengah area perkebunan milik warga setempat. Tidak jauh dari jalan raya dan dapat diakses dari pemukiman warga namun lokasinya tersembunyi di balik rimbunnya pepohonan. Itu juga sedikit lebih rendah dan dikelilingi oleh perbukitan. 

Fasilitas yang ada di kasawan ini cukup lengkap seperti toilet, kamar mandi, mushola,area parkir dan warung, dan bagi anda yang suka berkemah bareng keluarga, disini juga ada area camping yang tak kalah indah nya dengan area camping lain nya.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cipanas Nagrak Parongpong :

  • Dewasa : Rp 20.000
  • Anak-anak : Rp 15.000
  • Parkir Motor : Rp 5.000
  • Parkir Mobil : Rp 10.000
Lokasi Pemandian Air Panas Cipanas Nagrak Parongpong : Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

6. Pemandian Air Panas Kampung Cai Ranca Upas 

Jika Anda ingin merasakan liburan alam di Pemandian Air Panas Kampung Cai ini adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi. Destinasinya masih di kawasan Ranca Upas yang dikenal sebagai tempat penangkaran rusa dan tempat perkemahan yang sangat terkenal dan ramai di kunjungi para camper lokal maupun Mancanegara. 

Pemandian Air Panas Kampung Cai
Berendam di pemandian air panas ini sangat lah murah, anda hanya mengeluarkan biaya sekitar 15.000 rupiah saja anda bisa berendam dan berenang sepuas nya.

Selain itu Anda tidak hanya akan mandi air panas tetapi juga  bisa mencoba berbagai fasilitas menarik  lain nya seperti Paintball,Flying Fox dan hal lainnya, Kalau anda ingin berkememah di Ranca Upas ini, disekitar kawasn ini banyak terdapat warung-warung yang menjual berbagai macam kebutuhan, seperti makanan, minuman, obat-obatan, penyewaan perlengkapan camping, seperti tenda, kasur, selimut, kompor, kayu bakar dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Kampung Cai

  • Tiket masuk : Rp 15.000
  • Parkir Motor : Rp 2.000, Mobil Rp 5.000
Lokasi Pemandian Air Panas Kampung Cai : Jalan Raya Ciwidey Patengan No.KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

7. Pemandian Air Panas Cibolang

Didirikan pada tahun 1985 Pemandian Air Panas Cibolang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata legendaris di Bandung. Objek Wisata ini terletak di Desa Wanasuka Kecamatan Pangalengan. Direnovasi pada tahun 1990 untuk membuat fasilitas lebih lengkap.

Pemandian Air Panas Cibolang
Pemandian air panas ini terletak di area seluas 2 hektar 1.450 m di atas permukaan laut. Jadi sambil berendam di pemandian air panas Anda bisa menikmati pemandangan alam pegunungan sekitar yang sangat memanjakan mata. 

Air panas kolam pemandian Cibolang ini berasal dari aliran air panas alami dari Gunung Windu, sebagaimana biasa nya kolam air panas lainnya dapat menyembuhkan bebagai penyakit kulit jika berendam di air panas yang mengandung belerang, maka di pemandian air panas Cibolang ini juga sama. 

Fasilitas yang ada di kawasan ini adalah Mushola, Bale Kambang, Penginapan, Toilet, Kamar Bilas, Saung,Lahan Parkir, dan warung yang menjual makan dan minuman.

Harga tiket masuk Pemandian Air Panas Cibolang

  • Tiket Masuk : Rp.10.000
  • Tiket Masuk Bak Rendam : Rp.10.000
  • Parkir Motor : Rp.2.000, Mobil : Rp.5.000
  • Parkir Bus : Rp.20.000
Lokasi Pemandian Air Panas Cibolang : Desa Wanasuka, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Inilah beberapa informasi dan Rekomendasi Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Bandung Jawa Barat yang lagi Hits dan Populer yang kami beritahukan kepada andayang suka liburan, traveling dan jalan-jalan bersama keluarga anda, semoga hari libur anda  menjadi menyenangkan.

Posting Komentar untuk "7 Tempat Wisata Pemandian Air Panas di Bandung Jawa Barat yang lagi Hits dan Populer"