Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Seribu Bogor Wisata Alam yang Asri, Lokasi, Tiket dan Fasilitas

Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang lebih dikenal dengan objek wisata Gunung Salak merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bogor. Karena banyaknya air terjun atau curug yang indah dan asri, sehingga kaki Gunung Salak tidak sepi dan wisatawan yang ingin berkunjung akan merindukan keindahan alamnya. Salah satu air terjun tertinggi dan terindah adalah Curug Seribu. Selain menikmati keindahan alam air terjun, Anda juga bisa merasakan kesejukan dan kesegaran udara di kaki Gunung Salak.

Curug Seribu Bogor

Selain curug ada berbagai tempat wisata yang ada di Bogor Jawa Barat ini, dan pasti nya tak terhitung objek wisata yang ada di kota hujan ini yang layak untuk dikunjungi baik itu wisata alam, wisata edukasi, wisata kuliner atau pun tempat wisata mirip luar negeri yang ada di Bogor.

Ada banyak air terjun di Bogor yang tersebar di seluruh wilayah, setiap air terjun ini memiliki keindahan yang unik. Seperti keindahan Curug Seribu Bogor ini, salah satu air terjun yang ada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor ini memiliki pesona keindahan tersendiri.

Asal usul nama Curug Seribu dipilih karena air terjun Bogor memiliki banyak air terjun kecil di dekat tebing yang membelah tebing. Dari sekian banyak aliran itulah nama Curug Seribu berasal dari penduduk setempat, hingga saat ini masih dikenal dan viral di kalangan wisatawan.

Daya Tarik Curug Seribu Bogor

Curug Seribu Bogor ini memiliki ketinggian hingga 100 meter, ini menjadikan curug Seribu ini salah satu curug tertinggi yang pernah ada di Bogor. Selain itu, air mengalir dari mata air dari Gunung Salak, sehingga air terjun ini terlihat jernih, bersih dan terasa segar.

Menurut data yang ditemukan bahwa wisata Curug Seribu Bogor ini memiliki ketinggian 750 mdpl hingga 1.050 mdpl, sehingga menjadikan air terjun ini sebagai wisata alam yang indah dan menarik karena mempunyai pemandangan yang mempesona. Air terjun ini dikelilingi oleh deretan pepohonan yang rindang dan tinggi, karena  dikawasan pegunungan udara di sekitar area curug ini terasa sejuk dan sangat dingin di malam hari.

Curug Seribu Gunung Salak

Bagi yang ingin berlibur di wisata alam Bogor ini sebaiknya memperhatikan kondisi fisik Anda. Karena kita akan melakukan perjalanan 3 KM atau perjalanan trekking sekitar 1 jam, dianggap melelahkan dengan banyak tangga kayu dan bebatuan yang terlihat licin dan curam yang harus anda lewati. 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memakai perlengkapan trekking seperti sepatu gunung agar perjalanan Anda nyaman dan aman, dan juga membawa makanan dan minuman untuk bekal selama di perjalanan menuju Curug Seribu Gunung Salak.

Perjalanan anda yang melewati jalur pendakian yang panjang dan melelahkan akan terbayar saat melihat keindahan Curug Seribu Gunung Halimun Salak yang ada di Bogor ini dan pemandangan sekitarnya berupa pepohonan hijau yang begitu sejuk dipandang mata. Situasi seperti ini sangat cocok untuk teman-teman yang merasa lelah setelah bekerja dan belajar tiap hari di hiruk pikuk perkotaan.

Karena ketinggian air terjun yang begitu tinggi, berfoto dengan latar belakang air terjun di sini terdengar instagramable dari berbagai sudut keindahan alam air terjun, membuat anda merasa wajib untuk menyempatkan diri untuk berfoto dan berselfie disini. Untuk anda harus berhati-hati saat memotret diri disini, karena bebatuan atau datarannya licin, sehingga membuat kita harus extra hati-hati.

Curug Seribu Gunung Salak Bogor Jawa Barat

Curug Seribu Bogor ini disarankan untuk tidak berenang di area air terjun atau di bawah turun nya air ya, debit airnya sangat deras dan ketinggian air terjunnya sangat tinggi, jadi agak berbahaya kalau anda berenang di dekat air terjun ini. Tetapi anda  bisa bermain air di pinggir air terjun, atau mungkin berkemah di pinggir area curug ini.\

Hal- hal yang harus di perhatikan selama di Curug Seribu

  • Memakai sepatu gunung karena medan jalan yang licin, bebatua, tangga kayu dan curam.
  • Membawa bekal makanan dan minuman. 
  • Tidak boleh berenang di area Curug.
  • Tidak boleh menyebrang sungai ketika air deras.
  • Yang punya penyakit sesak nafas di larang turun.
  • Patuhi aturan yang di berikan, selalu sopan di kawasan hutan dan curug, jangan sombong dan takabur.
  • Selalu berhati-hati saat berjalan menuju kawasan curug.
  • Hindari tempat yang berbahaya atau curam untuk berfoto.

Fasilitas curug Seribu Bogor

Pengelola menyediakan berbagai sumber daya untuk mendukung aktivitas tamu, seperti tempat parkir mobil, fasilitas keamanan atau keselamatan seperti pos jaga untuk memperhatikan debit air Curug Seribu, toilet umum, shelter, dan warung makanan dan minuman. 

Jam buka Curug Seribu

Tempat wisata Curug Seribu Bogor buka jam 08.00 wib sampai jam 16.00 wib.

Lokasi Curug Seribu Bogor

  • Taman Nasional Gunung Halimun Salak Jalan Raya Gunung Salak Endah Lokapurna, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  • Lokasi Peta : Maps

Rute Curug Seribu Gunung Salak Bogor

Bagi yang ingin mengunjungi seribu, Anda harus menempuh perjalanan jauh dari Jakarta. Karena jarak dari pusat kota ke lokasi curug ini kira-kira 87 km atau kalau di estimasikan sekitar 3 jam dengan kendaraan mobil melewati jalur Tol Jagorawi. Sementara itu, jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Bogor, Anda akan menempuh jarak sekitar 28 Km dalam waktu  kurang dari 1 setengah jam.

Tiket Masuk Curug Seribu Bogor

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000
  • Parkir Kendaraan : Rp. 2.000 - Rp. 10.000

Ya itulah pembahasan kami mengenai informasi yang kami berikan seperti lokasi, rute, dan harga tiket masuk curug Seribu, semoga bermanfaat informasi ini bagi anda tentang tempat wisata alam Curug Seribu Bogor.  Jika info ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman anda, atau share lewat media sosial anda dan jangan lupa baca artikel lainnya yang ada di liburankita.com ini tentang tempat wisata yanga ada di Indonesia dari berbagai daerah.

Selamat berakhir pekan dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Curug Seribu Bogor Wisata Alam yang Asri, Lokasi, Tiket dan Fasilitas"