Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu | Tiket, Fasilitas & Lokasi

Memang tidak diragukan lagi Bandung Jawa Barat punya banyak pilihan untuk menghabiskan waktu liburan. Mulai dari Wisata Edukasi, wisata kuliner, wisata keluarga dan wisata Alam yang keindahan alamnya layak untuk dinikmati. Satu tempat yang tidak boleh dilewatkan Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Selain Gunung Tangkuban Perahu ada juga objek wisata yang ada di sekitar kawasan ini, seperti Tempat Wisata di Lembang lagi hits untuk anak-anak.

Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa kawah yang terbuka untuk umum dan direkomendasikan untuk dikunjungi, karena pesona alam nya yang indah sekali. Objek wisata alam ini menawarkan pengalaman menikmati keindahan kawah belerang aktif yang bisa kita lihat dari dekat secara langsung. Keragaman geografis membuat kawasan ini tidak pernah luput dari perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pada kesempatan kali ini, Liburankita.com akan memberikan beberapa informasi tentang Wisata Alam Tangkuban Perahu ini.

Pesona Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan wisata alam yang berada di ketinggian 2.084 meter, salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia ada di Propinsi Jawa Barat. Gunung ini memiliki dataran yang sangat datar jika dilihat dari kejauhan, sekilas mirip perahu yang terbalik.

Wisata Alam Tangkuban Perahu

Gunung ini yang menjadi pusat cerita fiksi Legenda Sangkuriang yang sangat terkenal sekali, dan punya Kawah yang berbahaya dan indah, kekayaan flora dan fauna, dan panorama alam yang sangat menakjubkan, dan tidak ketinggalan juga adanya wisata kuliner, toko souvenier sehingga membuat kunjungan anda ke Gunung Tangkuban Perahu akan selalu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Kawah Ratu

Kawah Ratu adalah Kawah terbesar dan salah satu kawah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, Gunung Tangkuban Perahu tercatat memiliki 13 kawah yang aktif. Namun hanya dua kawah saja yang boleh atau yang cukup aman untuk dikunjungi dari jarak dekat. kawah yang pertam adalah Kawah Ratu.

Kawah ratu Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu adalah kawah terbesar yang ada di Gunung Tangkuban perahu ini. Bentuknya menyerupai mangkuk besar berisi campuran lava, belerang, dan sulfur. Permukaan Kawah Ratu ini berada di kedalaman kira-kira 500 meter yang terus-menerus menguapkan uap belerang, menciptakan pemandangan misterius di sekitar lubang kawah. walaupun kawah ini boleh di lihat dari dekat, tapi para pengunjung dilarang untuk turun ke permukaan kawah ratu ini, karena sangat berbaya, jadi wisatawan cuma bisa melihat kawah dari atas, atau tempat-tempat aman yang sudah di sediakan oleh pengelola. dan juga di sediakan spot-spot untuk berswafoto dengan latar kawah ratu yang cantik sekali, dan juga ada jalan setapak yang dilindungi oleh pagar yang kuat di tepi kawah, sehingga pengunjung dapat berjalan berkeliling sambil menikmati Kawah Ratu atau berfoto di tempat yang aman di kawasan tersebut. dan juga daerah ini dihiasi dengan sejumlah tanaman pegunungan yang umum sehingga menambah daya arik dan pesona kawasan wisata alam ini. 

Jika berkunjung ke sini, pengunjung disarankan untuk tidak berlama-lama agar tidak terlalu banyak menghirup asap atau uap belerang. Selain itu kadang daerah ini juga memiliki suhu yang sangat dingin antara 2-17 derajat Celcius, diharapkan para pengunjung juga membawa pakaian hangat kalau mau kesini.

Kawah Domas

Kawah Domas adalah kawah yang kedua yang boleh kita dekati, bahkan bisa kita pegang dan merendam kaki kedalam kawah tersebut yang berisi lumpur belerang di kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini. Jika Anda ingin merasakan sensasi pemandian air panas dan lumpur belerang, tempat ini wajib ada dalam daftar wisata Anda. Untuk menuju Kawah Domas, pengunjung membutuhkan petunjuk arah ke jalur hutan belantara.

Kawah Domas Tangkuban Perahu

Jarak Kawah Domas dari Kawah Ratu sekitar 1,2 km. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai macam tanaman yang tersedia. Jika beruntung, Anda akan melihat beberapa spesies yang langka dan dilindungi seperti lutung dan suril.

Kawah Domas terdiri dari beberapa danau dan kolam yang menyimpan air panas. Suhu bervariasi dari 35 derajat hingga sekitar 100 derajat Celcius. Setiap danau dan bendungan memiliki fungsinya masing-masing. Di danau kawah dengan suhu yang relatif rendah, pengunjung dapat merendam kaki dan menggosoknya menggunakan lumpur belerang yang dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari kesehatan kulit, tulang, asam urat dan lain-lain.

Ketika anda berada di kolam dengan suhu yang sangat tinggi, pengunjung bisa mencoba merebus telur. Kalau anda tidak membawa telur sendiri, disini banyak penjual yang akan menjual telur di dekat kawah. Telur ini bisa dimakan langsung setelah dimasak atau bisa dibawa pulang. Pastinya ini adalah pengalaman yang unik bagi anda.

Bagi wisatawan yang ingin datang ke Kawah Domas sebaiknya masuk melalui pintu gerbang sebelum menuju Kawah Ratu. Dari sini, tamu hanya perlu berjalan kaki 15-20 menit untuk sampai ke kawah.

Kawah Upas

Diantara 2 kawah diatas ada Kawah terkenal lainnya yaitu Kawah Upas. Tapi pengunjung hanya dapat menikmati keindahannya dari jauh. Karena kawah ini memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi dan berpotensi mengeluarkan asap beracun.

Kawah Upas Tangkuban Perahu

Keindahan Kawah Upas ini sejalan dengan suasana Tebing Upas yang menjadi latarnya. Pemandangan ini menjadi primadona di kalangan pecinta alam. Dari ketinggiannya, Kawah Upas ini punya panorama yang sangat indah saat matahari terbit yang menghasilkan lukisan alam yang memukau.

Jejeran Kuliner di Pinggir Kawah

Berjalan di daerah yang bersuhu dingin paling baik ditemani dengan makanan hangat.Kawasan Gunung Tangkuban Perahu memiliki banyak pilihan kuliner hangat untuk dicoba. Deretan pertokoan dan warung dengan menu-menu andalan siap menjamu para tamu yang berkunjung.

Makanan lain yang bisa Anda nikmati seperti jagung bakar dan jagung rebus, oncom raos dan Ketan Bakar, Minuman hangat seperti susu dan bandrek, dapat menghangatkan tubuh anda di udara yang dingin, dan pastinya rasanya pun akan semakin nikmat karena disantap sambil menikmati panorama kawah yang menakjubkan.

Harga Tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu

Pengunjung yang ingin berwisata ke sini dikenakan biaya masuk yang berbeda sesuai kategorinya, yaitu wisatawan lokal dan mancanegara. Tiket masuk ini tidak mencakup biaya pemandu wisata untuk menuju Kawah Domas. 

  • Wisatawan Lokal --  Hari biasa : Rp20.000 | Hari Libur : Rp30.000
  • Wisatawan Mancanegara --  Hari biasa : Rp200.000 | Hari Libur : Rp300.000
  • Pelajar Lokal -- Hari biasa : Rp18.000 | Hari Libur : Rp20.000
  • Motor -- Hari biasa: Rp12.000 | Hari Libur : Rp14.500
  • Mobil -- Hari biasa: Rp25.000 | Hari Libur : Rp30.000
  • Bus -- Hari biasa: Rp110.000 | Hari Libur : Rp125.000
  • Angkutan Jayagiri - Kawah Ratu Pulang Pergi : Rp7.000

Anak-anak berusia 5 tahun ke atas sudah diwajib membayar tiket masuk.Tidak ada batas untuk pengunjung Gunung Tangkuban Perahu, semuanya terbuka untuk semua kalangan mulai dari segala daerah maupun segala usia.

Gunung Tangkuban Parahu

Jam buka Wisata Alam Tangkuban Perahu

Tempat wisata ini dapat dikunjungi wisatawan setiap hari, pada jam kerja dari pagi hingga sore hari mulai dari jam 08.00 - 17.00 WIB. Pengunjung disarankan tiba pada pagi hari supaya bisa berlama-lama di kawasan ini sambil menikmati udara yang menyegarkan di pagi hari di sekitar kawah. Biasanya pada siang hari matahari bersinar terik dan lumayan panas dan menyengat ke kulit kita, dan pada sore hari permukaan kawah akan diselimuti kabut.

Fasilitas Gunung Tangkuban Perahu

Fasilitas di Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu sangat lengkap dan memadai. Tersedia tempat parkir yang luas dan ruang yang cukup untuk membawa kendaraan besar seperti bus.  Pengunjung dapat dengan mudah menemukan toilet, masjid, toko souvenir dan dan berbagai warung kuliner yang beradar di daerah ini.

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

  • Objek Wisata Tangkuban Perahu Bandung berlokasi di Kelurahan Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
  • Lokasi Peta : Maps

Lokasi nya sangat mudah di temukan karena Pintu gerbang nya berada di pinggir jalan Raya, dan ada papan nama Wisata Tangkuban Perahu yang sangat besar.

Hal-hal yang harus di perhatikan sebelum ke Gunung Tangkuban Perahu : 

  1. Mempersiapkan Fisik yang sehat dan kuat.
  2. Membawa baju yang agak tebal atau pakaian hangat karena suhu udara disana agak dingin.
  3. Memakai Sepatu Gunung kalau anda ingin mengeksplor seluruh kawasa Gunung Tangkuban Perahu.
  4. Membawa uang yang cukup atau lebih karena mungkin anda mau berbelanja makanan dan souvenir disana.
  5. Datanglah pagi-pagi supaya banyak waktu, anda bisa puas berkeliling kawasan ini.
  6. Hendaknya bawa masker, karena banyak nya uap belerang.
  7. Patuhi segala protokol kesehatan yang telah di tetapkan disana.
Inilah beberapa informasi tentang wista alam Tangkuban Perahu Lembang Bandung Barat yang bisa kami uraikan buat anda semua, Kalau ada pengalaman anda di Gunung Tangkuban perahu ini, silahkan komen dan ceritakan pengalaman anda.

Semoga Info ini bermanfaat untuk anda, kalau anda suka silahkan share artikel ini ke teman-teman anda dan ke sosial media anda.

Posting Komentar untuk "Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu | Tiket, Fasilitas & Lokasi"