Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tempat Wisata Pantai di Padang Sumatera Barat yang lagi Hits Indah dan Mempesona

Kalau anda berkunjung ke Padang, dan ingin melihat keindahan pantai yang indah cantik dan mempesona, anda tepat sekali karena di kota ini terdapat banyak Tempat wisata pantai di Padang yang mepunyai pemandangan yang indah, elok dan mempesona. Ini baru di kota Padang saja lho, masih banyak pantai-pantai yang indah di kota lain nya yang ada di dalam provinsi Sumatera Barat ini.

Sebagaimana sekarang ini seluruh pemerintahan di Sumatera Barat ini lagi gencar-gencar nya membangun objek wisata yang ada di provinsi ini, mulai dari wisata alam, wisata bahari, wisata religi, wisata edukasi, dan wisata kuliner. karena anggaran pemerintah sebagian besar didapat kan dari bidang pariwisata ini.

Kali ini liburankita akan memberikan informasi dan memberikan rekomendasi tempat wisata pantai khusus di Kota Padang saja. Padang adalah ibukota dari provinsi Sumatera Barat yang mempunyai slogan  " Padang kota tercinta, ku jaga dan kubela",  terkenal dengan keindahan pantainya. Kota ini terletak di dataran rendah di kelilingi oleh pesisir pantai atau laut yang panjang dan luas. Tapi sebelumnya anda jangan lupa melihat informasi tentang Tempat wisata di Lembang untuk anak-anak yang pantut anda kunjungi.

Baik lah tanpa panjang lebar apa saja sih pantai yang ada di kota Padang ini, berikut kami rangkum beberapa pantai yang ada di Padang, dengan info singkat dan jelas. 

1. Pantai Padang

Pantai Padang adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Padang yang terletak di pusat kota, dan dekat dengan Pasar Raya Padang. Pemerintah kota Padang telah memperbaikinya dalam segala hal melalui berbagai pembenahan. Mulai kelengkapan sarana dan prasarana umum, fasilitas seperti toilet umum, dan area parkir, kebersihan, kerapian dan keteraturan, yang dapat di nikamati oleh semua kalangan, baik itu wisata lokal maupun wisata mancanegara. Pantai Padang ini juga di kenal dengan sebutan TAPLAU yang maksud nya singkatan dari Tapi Lauik ( Tepi laut ).

Pantai Padang

Dulu masyarakat Padang agak ragu untuk berkunjung dan bersantai di sini namun kini orang yang datang ke Padang akan merasa kurang lengkap dan rugi jika tidak menyempatkan diri untuk datang ke pantai Padang nan elok, mempesona, bersih dan rapi. 

Kini Pantai padang sangat lah rapi, bersih dan teratur, Trotoar di bangun cukup lebar untuk pejalan kaki dan anak-anak pasti nya suka bermain disana. Untuk yang punya kendaraan jangan khawatir disana sudah ada tempat khusus parkir. Namun dalam kasus kepadatan pengunjung, aturan parkir sedikit longgar, yang memungkinkan anda untuk parkir di sisi jalan tetapi masih diatur oleh petugas parkir. 

Selain pantainya yang indah, di kawasan pantai Padang, ada juga objek wisata lain nya seperti Monumen IQRA yang lagi viral di Padang, banyak orang berkunjung kesana, untuk mengabadikan momen, foto selfi, foto keluarga bahkan rombongan, karena Monumen IQRA ini sangat indah untuk dijadikan background foto. 

Monumen IQRA pantai Padang

Kemudian ada juga Monumen Merpati Perdamaian pantai Padang yang ada tepat di pinggir pantai, dan di kelilingi berbagai macam kuliner, ada banyak tempat kuliner, cafe payung, dan tempat pertokoan asesories, oleh-oleh khas Padang dan dll. di sekitar Monumen ini juga ada area bermain anak-anak, pastinya membuat anak-anak anda betah bermain, ceria dan bahagia.

Lokasi Pantai PadangJl. Samudera, Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Pantai Air Manis Padang ( Pantai Aia Manih )

Pantai Air Manis adalah pantai yang sangat terkenal dari dulu sampai sekarang, sebagian masyarakat Indonesia pasti tahu dan kenal dengan cerita Malin Kundang, Anak durhaka yang di kutuk jadi batu oleh Ibu nya. Nah di Pantai Air Manis ini lah ada gundukan Batu Malin Kundang yang lagi bersujud beserta kapalnya yang menjadi batu juga.

Batu Malin Kundang

Sebagian orang percaya kalau legenda ini benar, tapi ada juga yang beranggapan kalau ini cuma dongeng belaka alias mitos. Tapi kebanyakan orang mempercayai nya untuk menjadikan pelajaran agar kita sebagai anak jangan lah durhaka kepada orang tua kita. jadi kita bisa mengambil hikmah dari cerita legenda ini.

Selain itu pantai air manis ini mempunyai bibir pantai yang sangat luas dan panjang, area nya yang datar, jika air pantai lagi pasang surut, kita di hadirkan pemandangan bibir pantai yang sangat luas. sehingga banyak anak-anak bermain lari-larian, bermain sepak bola, dan ada ATV juga lho yang dapat di sewa disana.

Pantai Air Manis

Kalau lagi pasang surut ini biasa nya pengunjung atau para wisatawan memanfaat kan untuk berkunjung ke Pulau Pisang Kecil, ini bisa di tempuh dan di seberangi dengan jalan kaki saja, tapi kalau air laut lagi pasang naik, pengunjung bisa juga mengeberangi nya tapi dengan keadaan air setinggi pinggang,  disebelah Pulau Pisang Kecil ada juga Pulau Pisang Besar, namun kalau anda ingin kesana, anda harus menggunakan perahu untuk menyebrangi lautan karena air nya dalam. Untuk menyeberang sudah ada tim atau masyarakat setempat menyewakan perahu disana atau menyediakan jasa pengangkutan pengunjung ke Pulau Pisang Besar ini.

Melalui program pemerintahan kota Padang, Pantai air manis ini disulap menjadi indah, elok dan mempesona. Dibangun nya akses jalan yang baru dan bagus, karena jalur sebelumnya sangat lah ekstrim, jalanan nya sempit curam, dan jauh dari pusat kota, nah dengan itu pemerintah kota berinisiatif membuat jalan baru melalui jalur jembatan Siti Nurbaya,  jadi lebih dekat dari pusat kota, jadi kalau anda berkunjung ke pantai Padang, anda bisa langsung menuju ke pantai Air Manis lewat jalur baru ini. 

Selain itu perbaikan juga dilakkan di berbagai sektor di sekitar pantai, parkir mobil dan motor yang luas, penataan tempat kuliner yang rapi, toilet, tempat mandi dan masih banyak lagi fasilitas lain nya.

Harga Tiket Masuk  (HTM) Pantai Air Manis :

  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Parkir mobil : Rp 5.000
  • Parkir motor : Rp 3.000
Lokasi Pantai Air Manis : Jalan Malin Kundang, Air Manis, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat

3. Pantai Pulau Pasumpahan

Sebagaimana kita tahu kalau Kota Padang mempunyai pulau-pulau kecil yang punya pesona keindahan yang sangat elok, Pulau Pasumpahan inilah salah satu nya, pasti nya mempunyai keindahan yang menakjubkan yang berada di perairan Kota Padang Sumatera Barat, yang memiliki luas sekitar 5 hektar terletak di perairan Bungus Teluk Kabung. 

Pulau Pasumpahan
Pada awalnya Pulau Pasumpahan ini tidak terlalu populer, tapi sejak di kenali banyak orang dan viral, sekarang sangat diminati wisatawan lokal maupun mancanegara, karena mempunyai pasir putih yang bersih dan halus dan air laut yang jernih  dan juga memiliki pemandangan alamnya yang sangat indah.

Untuk akses dan rute menuju pulau ini anda harus menyeberang melalui dua titik : 
Yang pertama anda bisa menyeberang dari Sungai Pisang rute penyeberangan paling cepat namun  jarak dari pusat kota Padang ke sungai pisang lumayan jauh sekitar 33km. Yang kedua melalui  Pelabuhan Teluk Bungus yang jarak dari pusat kota lebih dekat dari pada Sungai Pisang, namun waktu penyeberangan lebih lama karena jarak dermaga pelabuhan dengan pulau Pasumpahan lebih jauh, ketimbang jarak dermaga dari Sungai Pisang. 

Silahkan rute mana yang mau anda pilih, sesuai keinginan anda.

Pulau Pasumpahan memiliki fasilitas yang  terbilang lengkap. Mulai dari warung milik warga setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga lumayan terjangkau,  penginapan bagi Anda yang hendak menginap dan menghabiskan malam anda di pulau ini. Anda juga bisa berkemah atau mendirikan tenda disana lho, camping di pinggir pantai bersama keluarga, saudara, teman, atau group pastinya membuat liburan anda makin meriah dan berkesan, kalau pun anda tidak membawa peralatan camping, warga serempat juga menyediakan penyewaan alat-alat camping yang harganya juga terjangkau. 

Nah tunggu apalagi anda pasti tertarik kan berkunjung ke tempat wisata pantai yang paling hits di Kota Padang ini. Kalau iya, mulai lah menyusun planning untuk kesana, mulai dari waktu, uang dan kesehatan anda pasti nya yang paling penting.

Harga tiket masuk Pulau Pasumpahan :

  • Tiket masuk pulau : Rp. 15.000 per orang
  • Biaya penyebrangan dari Pelabuhan Teluk Kabung / Pesisir pantai bungus :  Rp 200.000-350.000 pulang pergi.
  • Biaya penyebrangan dari Sungai Pisang Rp 35.000-50.000 pulang pergi.
Harga penyeberangan tidak tetap dan berubah-rubah, karena itu tergantung dari anda pintar- pintar dalam menawar harga.

Lokasi Pulau Pasumpahan : Teluk. Kabung Selatan, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

4. Pantai Nirwana Padang

Selain tiga pantai yang diatas, ada lagi pantai yang tak kalah indah nya yang harus anda kunjungi yaitu Pantai Nirwana. Pantai ini mempunyai pesona pesona yang luar biasa, banyak para photografer datang kesini untuk mengambil indah nya alam sekitar pantai nirwana ini, atau menjadikan latar dari poto potret model- model mereka, yang pasti nya instragramable banget.

Pantai Nirwana Padang
Selain itu kita juga di sodori dengan pemandangan pantai yang indah, pasir pantai nya yang masih bersih, banyak nya rumput laut, jejeran perahu nelayan di sekitar bibir pantai, pemandangan kapal-kapal besar yang mau berlabuh atau parkir ke Pelabuhan Telur Bayur Padang, tempat bermain anak-anak,dan tersedianya penginapan yang ada di sekitaran pantai dengan harga yang terjangkau.

Melihat keindahan ombak yang sedikit tenang, dibarengi dengan semilirnya angin yang sejuk, membuat anda makin betah bersantai ria dengan keluarga anda di kawasan pantai ini. Yang paling ditunggu-tunggu pengunjung adalah panorama sunset nya yang begitu mempesona, banyak dari wisatawan segaja datang pada sore hari untuk melihat proses terbenamnya matahari lalu mengabadikan nya lewat foto atau video. 

Jam operasional pantai Nirwana ini buka jam 6 pagi dan di tutup jam 6 sore.

Harga tiket masuk Pantai Nirwana Padang :

  • Anak-anak : Rp 3.000
  • Dewasa :  Rp 5.000
Lokasi Pantai Nirwana Padang : Jalan Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

5. Pantai Carolina Padang

Kalau anda sudah berkunjung ke pantai Nirwana, jika anda teruskan jalan menuju teluku bungus atau arah ke Kabupaten Pesisir Selatan anda akan menemukan dan menjumpai tempat wisata pantai yang lagi hits di Padang yaitu Pantai Carolina.

Pantai Carolina
Pantai Carolina memiliki banyak pesona, hamparan pasir putih di tepi Pantai Padang dilengkapi hijaunya pepohonan di tepiannya. Sebagian besar pohon-pohon ini adalah  pohon kelapa dan pohon Pinus yang berjejer di sekeliling bibir pantai. Jika cuaca bagus itu akan menarik perhatian Anda ke suara ombak di iringi semilirnya angin yang sejuk, membuat anda semakin betah disana unuk menghabiskan hari libur anda. 

Di pantai ini anda bisa melakukan banyak aktifitas, yang membuat rilek jiwa anda, seperti memancing, surfing, berjemur atau pun berteduh dibawah pepohonan pinus yang tinggidan rindang, berolah raga seperti lari, bermain sepakbola dan bermain bersama anak-anak anda, camping bersama keluarga, teman, ataupun rombongan, outbound, menyelam, menyeberang dan mengunjungi pulau-pulau kecil yang terdekat disana, dan masih banyak lagi aktifitas yang bisa anda lakukan disana.

dan di sekitaran pantai juga banyak terdapat penginapan di sekitar Pantai Carolina yang berada pas di pinggir pantai, jadi jika anda menginap disana, anda akan langsung di sodorkan dengan pemandangan pantai dan laut yang indah.

Harga tiket masuk Pantai Carolina

  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Parkir mobil : Rp. 5.000
  • Sewa Speed Boat ke Pulau : Rp 500.000 - Rp 800.000
Lokasi Pantai Carolina : Jalan Padang Painan, Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak ini juga termasuk salah satu Objek Wisata pantai yang lagi Hits di Padang, pantai ini terkenal dengan pasir nya yang putih dan halus, air laut yang jernih dan bersih. lokasi pantai Pasir Jambak initidak lahjauh dari pusat kota Padang, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, anda akan sampai ke pantai ini.
Pantai Pasir Jambak

Pantai ini adalah salah satu pantai yang sangat dibanggakan di Kota Padang, karena mempunyai pesona alam yang indah, fasilitas yang lengkap, seperti gaazebo, toilet, tempat parkir, penginapan, penyewaan perahu, dan area kuliner yang harga nya sangat terjangkau.

Salah satu tempat wisata di Padang ini mempunyai pemandangan yang indah, mulai dari pemandangan laut apalagi kalau kita menunggu momen terbenam nya matahari di sore hari sambil duduk santai di gazebo yang ada sambil minum kelapa muda, membuat liburan anda terasa sangat berkesan.

Belum lagi pemandangan indah dari pohon kelapa yang berjejer rapi di sekeliling bibir pantai, pasti nya membuat anda nyaman saat berteduh di bawah pohon kelapa ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Jambak Padang :

  • Tiket Masuk per orang : Rp 5.000

Lokasi Pantai Pasir Jambak Padang : Jalan Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang.

Dan ini lah 6 Tempat Wisata Pantai di Padang Sumatera Barat yang lagi Hits yang dapat kami rekomendasikan untuk anda, sekarang tinggal dari anda saja destinasi mana yang mau anda kunjungi, siapkan planning anda dari sekarang. 

Happy holiday. 

Posting Komentar untuk "6 Tempat Wisata Pantai di Padang Sumatera Barat yang lagi Hits Indah dan Mempesona"